Jumat, 12 September 2008

Nasib Buruh Indonesia

Diusia indonesia yg kian matang ini,hrsnya sistem sudah tertata dgn rapi,namun justru makin tak karuan,prgantian pmerintahan yg merombak sistem2 yg tlah ada seakan mnjadikan bangsa ini laksana bayi yg sdang belajar brjalan,Kenapa tdk dijlnkan saja sistem yg tlh brjalan lancar,bknnya ini justru lbh bijak?

Di Era orde baru smua aman & trkendali,walau ada kelemahannya,tp sharusnya kelemahan itu yg diperbaiki,bkn merombak semuanya & mulai dari nol. Dulu kaum buruh makmur di era ini,tak ada sistem kerja kontrak. Apalagi kerja perjam/borongan per-pcs.Karyawan brstatus karyawan tetap,masa depan,kesehatan terjamin.

Diera pasca reformasi ini smua seakan turun drastis prhatiannya terhadap kaum buruh.Andai indonesia masih seperti dulu,takkan ada buruh indonesia yg menjadi TKI,ibarat kata ''andai di negrì sendiri ada nasi-oreg mengapa harus mencari ke negri lain'', Karna kita cinta INDONESIA.Mereka pergi dgn harapan bisa memperoleh penghasilan dari negri orang guna memenuhi kebutuhan hidupnya.Mereka rela meninggalkan keluarga yg dicintai bertahun-tahun hanya untuk wujudkan harapan itu. Walau pahit mereka jalani,tak sedikit dari mereka yg disiksa,difitnah,bahkan ada juga yang pulang sudah tak bernyawa.Saya penggemar berita,saat melihat berita tentang TKI pulang tak bernyawa,ku fokuskan untuk melihat bagaimana tindakan pemerintah tentang hal ini. Namun lambat laun berita hilang,apakah pemerintah hanya peduli saat hotnya berita tersebut,dan melupakan saat semua mereda,atau kah rekan wartawan yang sudah tidak tertarik untuk memuat penyidikan kasus tersebut,karna dianggap berita basi.Mungkin pemirsa yg tertarik,karna rasa keingintahuan pasti slalu bertanya2 bagaimana tindakannya. Tapi bila smua lenyap tanpa pembahasan yg konkrit,pasti banyak timbul dugaan2 seperti diatas.

Merdeka itu bebas.Bebas dlm hal ini bermakna luas{BEBAS(berexpresi,berkreasi,berpendapat,dari korupsi, penindasan,kemiskinan,dll)}.Apakah indonesia benar2 merdeka? Negara adalah suatu kumpulan/komunitas yg hdp brsama2 dan memiliki kesamaan tujuan. Ini terdiri dari 2 Elemen penting.Pemerintah dan rakyat,yg punya undang2 sbg pengatur hidupnya.

Elemen PEMERINTAH sendiri,dipilih oleh rakyat,yg dipercaya untk
menentukan jalan terbaik buat negara,yg tentunya rakyat slalu berharap
KESEJAHTERAAN.Namun tak sedikit dari mereka memanfaatkan kpercayaan
itu untuk kesejahteraan mereka/golongan mereka sendiri.SANGAT
DISAYANGKAN. Suara kita seakan bagai angin lalu.Kepercayaan kita hanya
sebatas jalan buat mereka menumpuk harta.Nasib kita, berubahpun tak
selayaknya.

Sistem kerja borongan terasa gak manusiawi,sistem ini gak selayaknya ada. Otoriter perusahaan yg semakin membuat mereka prihatin, mereka mau gak mau harus menuruti aturan yg ada diperusahaan, perusahaan punya aturan tapi mereka punya keinginan. Gaji yg layak & masa depan yg terjamin. Smua serba mahal,gaji 300rb perminggu buat pekerja harian & tak lebih dari 220rb buat pekerja borongan,takkan cukup buat kebutuhan sehari2,itupun sudah termasuk kerja lembur. Bagaimana bila dia adalah tumpuan keluarga,yg membiayai semua kebutuhan keluarganya. Biaya pendidikan dari SD sampai SLTA berapa jika diakumulasi. Sekarang syarat kerja umumnya tamatan SLTA bukan? Setelah lulus mereka sulit untuk mencari kerja,ada juga masuk kerja harus lewat yayasan & membayar sekian rupiah. Namun upahnya juga gak seberapa. Demi menyambung hidup,mereka ikhlas menjalaninya. Hari buruh internasional juga masih ada perusahaan yg memaksa pekerjanya bekerja. Yg melanggar ''SILAHKAN CARI PEKERJAAN LAEN''. Asuransi kesehatan pekerja borongan,gak ada,apalagi transport,kecelakaan kerja,pengobatan ditanggung sendiri,dgn dalih kecerobohan sendiri.Mungkin perusahaan berfikir masih banyak calon diluar sana yg membutuhkan pekerjaan. Kita tau di indonesia tiap tahun,sekolah meluluskan sekian juta orang,dapat diperkirakan 20% melanjutkan ke perguruan tinggi 50% bekerja,ada yg layak,ada yg seadanya,dan 30% menunggu dpt kerjaan alias pengangguran. 30% ini dikalikan berapa tahun indonesia spt ini. Pusing dech mikirnya.

Ini yg membuat naiknya tingkat kriminalitas,karna lowongan kerja yg minim,dan rasa gak cocok dgn kerjaan yg ada,karena dia merasa dah membayar mahal lewat biaya pendidikan yg dikeluarkan,dan terpaksa menanti lowongan yg lebih baik. Wahai pemerintah jangan hanya kau pikirkan memberikan inventaris jaguar,laptop,kepada wakil2 kami diDPR,program BLT kami setuju,tp kami berfikir ini pasti gak akan berlangsung lama,hanya saat pemerintahan ini saja. Kalau sdh berakhir mungkin programnya berubah lagi. Yang terpenting bagi rakyat indonesia adalah:
1.TURUNKAN HARGA.
2.PERBAIKI SISTEM KERJA YG ADA.
3.AUDIT DENGAN TELITI TIAP PERUSAHAAN GUNA MEMASTIKAN PEKERJANYA SEJAHTERA.
4.SPSI & SPN SEAKAN TAK BERFUNGSI,BERIKAN JALAN BUAT MEREKA UNTUK MENGASPIRASIKAN NASIB BURUH...

Tak banyak yg kita minta dari saudara,tolong perjuangkan nasib kami & masa depan kami,jangan pernah takut untuk menjadi RATU ADIL sejati.

Thanks. By jipunkiz
__________________________________________________
Apakah Anda Yahoo!?
Lelah menerima spam? Surat Yahoo! memiliki perlindungan terbaik terhadap spam
http://id.mail.yahoo.com

Tidak ada komentar: